Ketahuilah istilah dalam asuransi, agar Anda tidak merasa bingung saat melakukan klaim

Asuransi memiliki berbagai istilah-istilah yang mungkin belum banyak diketahui orang, terutama bagi beberapa orang yang baru ingin mengambil asuransi. Terdapat sejumlah istilah-istilah dalam asuransi, khususnya asuransi kesehatan yang menggunakan Bahasa inggris ataupun kata-kata serapan.

Meskipun asuransi kesehatan saat ini sudah semakin familiar, belum semua kalangan masyarakat akrab dengan konsep hingga istilah-istilahnya. Nah, agar menggunakan asuransi kesehatan terasa lebih mudah dan menyenangkan, saatnya lebih mengenali berbagai istilah-istilah dalam asuransi kesehatan yang wajib kamu ketahui.

Polis

Polis adalah salah satu istilah dalam asuransi kesehatan yang paling sering dipakai. Istilah ini merupakan sebuah perjanjian atau surat kontrak yang dilakukan pihak pemegang polis (pengaju asuransi) dengan perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk istilah polis asuransi memiliki arti yaitu kesepakatan antara pemegang polis dan perusahaan asuransi untuk melakukan kewajiban seperti yang sudah disetujui kedua belah pihak.

Pemegang Polis

Pemegang Polis adalah orang yang terikat dengan perjanjian yang telah dibuat dengan perusahaan asuransi dan bertanggung jawab atas segala kewajibannya terhadap perusahaan asuransi.

Premi

Premi merupakan salah satu istidalah dalam asurasni kesehatan yang memiliki arti yaitu pembayaran yang tercantum dalam polis yang disetujui oleh pemegang polis untuk dibayarkan kepada perusahaan asuransi. Premi menjadi konsekuensi dari pengalihan risiko yang dilakukan oleh pemegang polis kepada perusahaan asuransi.

Klaim

Klaim adalah sebuah tuntutan yang diberikan oleh pihak pemegang polis asuransi apabila terjadi risiko untuk mendapatkan hak dengan semestinya agar pihak asuransi membayarkan kondisi sesuai prosedur yang ada. Contoh mudah, suatu ketika Anda terserang penyakit demam berdarah dan harus dirawat inap di rumah sakit.

Sakit demam berdarah termasuk risiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan. Maka dari itu, Anda dapat mengajukan klaim pada perusahaan asuransi tersebut untuk membayar ganti rugi finansial berupa biaya rawat inap dan pengobatan.

Selain itu, proses klaim dalam asuransi kesehatan terbagi dua, yaitu menggunakan sistem cashless ataupun reimburse. Tentunya dari dua proses klaim tersebut terdapat keuntungan dan kerugiannya masing-masing. 

Uang Pertanggungan

Uang Pertanggungan merupakan istilah dalam asuransi kesehatan yang merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh perusahaan asuransi jika terjadi klaim dari pemegang polis atas risiko yang dijamin dalam program asuransi.

Rider

Rider adalah sebuah istilah dalam asuransi kesehatan lainnya yang berarti  manfaat tambahan yang bisa kamu sertakan pada program asuransi yang Anda miliki. Rider dirancang untuk memberikan tambahan proteksi dengan biaya lebih murah.

Penambahan manfaat tambahan atau rider ini mempengaruhi pula besar premi yang harus Anda bayarkan selaku pemegang polis. Semakin banyak rider yang Anda ambil, makan akan semakin mahal pula premi yang harus dibayarkan.

Underwriter

Underwriter adalah istilah dalam asuransi kesehatan yang ditujukan kepada seseorang yang memiliki keahlian dalam menilai atau meninjau berbagai resiko pemegang polis, sehingga dapat menentukan calon nasabah apakah berhak menerima asuransi ataupun tidak. Meskipun terlihat rumit, pastikan Anda tidak asal memilih asuransi murah yang menjanjikan berbagai kemudahan dalam proses pengajuan, klaim, dll.

Ajudikasi

Sedangkan ajudikasi merupakan sebuah tahapan penyelesaian sengketa untuk mengambil keputusan apakah klaim yang disampaikan pemegang polis harus diterima atau ditolak perusahaan asuransi.

Demikianlah beberapa istilah dalam asuransi, khususnya asuransi kesehatan yang perlu Anda ketahui sebelum memeutuskan untuk menggunakan jasa asuransi. Pastikan Anda memilih menggunakan asuransi kesehatan yang dapat memberikan perlindungan kesehatan secara optimal dan menyeluruh seperti Mega International Health Care dari Mega Insurance.




Other Articles

Mega Insurance

Ingin Memulai Berasuransi? Cek 5 Tips Berikut Ini

Mega Insurance

Perhatikan hal-hal ini sebelum membeli mobil bekas